Hi !

WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 16 Maret 2016

Camilan Sehat untuk penderita Diabetes

Penderita Diabetes memang harus berdiet agar kadar gulanya tetap terjaga. Tapi....bukan membiarkan perut keroncongan. Apa kalian tahu....Perut yang keroncongan atau kosong membuat kadar gula turun dan itu tidak baik untuk penderita diabetes. Maka dari itu penting untuk tetap selalu menjaga pola makan agar teratur, Pola makan yang baik adalah makan makanan utama 3 kali sehari dan diselingi dengan camilan atau makanan ringan disela-sela jam makan. Nah....itulah mengapa penting unutk mengonsumsi camilan sehat untuk menganjal perut. Berikut beberapa camilan sehat untuk para penderita diabetes.

1. Kacang kedelai
sumber : http://sharingdisini.com/wp-content/uploads/2012/07/soy.png

Kacang kedelai memiliki indeks glikemik rendah, sehingga memberi efek cerna secara perlahan dan membuat kenyang lebih lama. Mengonsumsi kedelai secara teratur memberikan dampak signifikan dalam membantu menjaga kadar gula darah dan mengendalikan nafsu makan.
Menurut Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI),  mengkonsumsi kacang kedelai membantu menjaga kadar gula darah dan berat badan. 

2. Buah Segar
sumber : http://www.swaraunib.com/wp-content/uploads/2013/09/buah-buahan-segar.jpg

Semua pasti sudah tahu bahwa buah segar mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Membuat buah-buahan ini menjadi camilan sehat merupakan hal yang sangat baik karena dengan begitu badan akan dapat memperoleh serat alami dan vitamin tentunya. Namun konsumsi buah juga tidak berlebihan, secukupnya saja. Misal 1 buah apel saja atau satu buah pisang jangan 1 cengkeh dimakan dalam waktu bersamaan. (hehehe)
Buah yang baik untuk penderita diabetes adalah berries, melon dan apel (cukup setengahnya saja). Tambahkan seperempat irisan keju, proteinnya berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan memberi tambahan kalsium.

3. Salad Sayur
sumber : http://resepcaramasak.com/wp-content/uploads/2015/03/salad-buah.jpg

konsumsi salad sayur sebagai camilan juga baik untuk penderita diabetes karena sayur-sayuran memiliki serat dan mineral yang baik untuk tubuh. Tapi ingat jangan menambahkan mayones atau memakanannya seperti gado-gado. Kalian hanya boleh menmbahkan minyak sayur dan sedikit garam. 
Sayuran yang baik dikonsumsi seperti tomat, kacang kedelai, paprika hijau dan alpukat. Boleh juga menambahkan irisan brokoli, wortel, seledri dan sayuran lainnya untuk mendapatkan ekstra mineral. 

4. Yogurt
sumber : http://www.ylfa.org/images/image/images/yoghurt03.jpg


Mirip dengan keju, yogurt sangat baik untuk mestabilkan gula darah dan memberikan ekstra kalsium.  
5. Biskuit gandum
sumber : http://obatdiabetes.exl.me/wp-content/uploads/2015/06/makanan-bahan-gandum.jpg

Yang teakhir adalah biskuit Gandum. Gandum dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selain itu, snack dari gandum dapat mempertahankan rasa kenyang relatif lebih lama. Temukan tulisan ‘whole-wheat flour’ atau 'tepung gandum utuh' pada kemasan. Konsumsi sekitar dua buah saja, untuk menambah rasa, dapat Anda tambahkan seperempat cup selai anggur. 


Ah.... satu lagi....setelah makan pasti kalian akan minum. Minuman yang sehat juga penting untuk menjaga tubuh. Banyak diluar sana minuman yang tidak sehat. Jadi disarankan untuk meminum air mineral atau air putih saja sebagai minumannya. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar